Senin, 30 November 2015

RISET PASAR


Riset pasar adalah usaha mengumpulkan, menganalisis data maupun opini pasar mengenai suatu hasil produksi/jasa tertentu secara sistematis untuk mendapatkan informasi yang diperlukan guna mengambil keputusan tentang perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi dalam bidang pemasaran.
Usaha diatas merupakan salah satu dari usaha riset pemasaran yang terutama berusaha untuk mengetahui:
1. Siapa pembeli dari suatu produk/jasa
2. Motif atau alasannya
3. Siapa pembeli dari produk-produk/jasa-jasa pesaing
4. Kapan pembelian tersebut dilakukan
5. Dalam jumlah berapa produk/jasa dibeli
6. Berapa besar frekunsi pembelian dan sebagainya


MENGAPA RISET PASAR PERLU
Kita melihat kenyataan yang ada, bahwa zaman bisa berubah, selera konsumen bisa berubah, pesaing bisa merubah strategi pemasarannya, harga-harga berubah dan sebagainya. Sebab itu sering kita melihat, apa yang dianggap tepat dua atau tiga tahun yang lewat sekarang apakah masih tepat juga.
Dalam kasus apakah suatu investasi baru akan dilakukan,  apakah betul nanti pasar masih cukup tersedia untuk menampung hasil produksi/jasa perusahaan tersebut ?
Dari kedua contoh di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa alasan utama perusahaan melakukan riset pasar adalah untuk mendapatkan kepastian atas keragu-raguan dalam pemasarannya.
Keragu-raguan tersebut dapat timbul antara lain karena:
1. Realisasi penjualan menyimpan terlalu jauh dari target
2. Akan ada perubahan harga yang cukup berarti
3. Motif pembelian konsumen dirasakan berubah

Pada banyak perusahaan, terutama yang bergerak di bisnis barang konsumsi, dilakukan riset pasar secara teratur guna mendapatkan gambaran perkembangan pemasaran produk mereka.
JENIS-JENIS RISET PEMASARAN
1. RISET PASAR
Riset pasar adalah riset yang terbatas kepada pasar saja, antara lain untuk mengetahui : Ukuran dan pertumbuhan  pasar, faktor-faktor yang mempengaruhinya,  jumlah bersaing yang aktif di pasar,  bagian pasar para peserta bersaing perilaku konsumen, harga-harga yang berlaku di pasar dan sebagainya.
RISET ATAU EVALUASI PRODUK
Dengan riset ini dicoba untuk mengetahui produk apa yang diinginkan oleh pasar, industri, suatu daerah atau pelanggan-pelanggan tertentu. Dalam riset ini indikasi-indikasi produk apa yang dibeli dan mengapa banyak dibeli, siapa yang membelinya dan untuk produk apa digunakan.
Riset ini juga menyelidiki jasa-jasa apa dan segi-segi teknis apa yang diminati oleh konsumen tertentu,  berapa lama produk tersebut dapat dipakai (ketahanan, effisiensinya), dan pada tingkat harga mana produk masih dapat diterima oleh pembeli.
Ringkasnya, riset produk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan tentang macam produk apa yang ditawarkan. Kinerja (performance), standar teknis dan tingkat harga yang diinginkan oleh pelanggan.
2. RISET DISTRIBUSI
Untuk mengetahui cara yang terbaik dan effisien dalam mendistribusikan produk atau jasa. Tujuannya adalah memberikan kepada pelanggan layanan yang terbaik dan termurah, antara lain juga dengan mengetahui macam dan frekuensi layanan yang dapat diberikan kepada mereka. Termasuk dalam riset ini adalah penelitian tentang cara distribusi pesaing.
3. RISET EFEKTIFITAS PROMOSI DAN PERIKLANAN
Riset ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara promosi dan periklanan dengan penjualan. Ini hal yang relatif sukar karena pada umumnya kenaikan penjualan tidak hanya ditentukan oleh periklanan atau promosi saja. Tetapi maksudnya ialah mengetahui seberapa jauh kenaikan meksudnya tambahan untuk promosi dapat dipertanggungjawabkan dilihat dari bertambahnya pendapatan penjualan.
4. RISET KONSUMEN
Paling penting untuk produk-produk konsumen, tetapi juga relatif mahal biayanya. Dalam riset ini antara lain diselidiki kebiasaan dan sikap (attitudes) konsumen, keinginan-keinginan, motivasi, kemampuan membeli mereka, dan lain-lain.


5. RISET TENTANG AKTIVITAS PENJUALAN
Ini adalah riset yang secara periodik prestasi tenaga penjual, distributor, layanan kepada pengecer dan konsumen. Juga tentang system seleksi, pelatihan, system bonus para tenaga penjual dan sebagainya.
6. RISET TENTANG RISET
Ini sering dilupakan, ialah untuk mengecek macam dan metode-metode riset yang dijalankan oleh perusahaan sendiri ataupun oleh konsultan, apakah masih tepat,  dapat diandalkan dan mutakhir (artinya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan tentang metode riset, statistik/matematik dan ilmu psikologi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar