Minggu, 29 November 2015

PSIKODIAGNOSTIKA

Pengertian Psikodiagnostik sebenarnya menaruh perhatian  kepada suatu kegiatan pengukuran dan atau  penilaian melalui upaya yang sistematik untuk mengungkap aspek-aspek psikologik tertentu dari individu.
          Psikodiagnostika semakin hari semakin popular di kalangan ilmuan yang mempunyai tugas dalam melakukan studi di bidang psikologi dan bimbingan, konseling dan psikoterapi dan  penyuluhan dan treatment kepada masyarakat. Karena melalui  proses  psikodagnostika mampu membuktikan kondisi psikologis seseorang oleh sebab itu dianggap sebagai sesuatu yang sangat dibutuhkan di bidang psikologi. Kenyataan  bahwa di masyarakat banyak permintaan layanan psikodiagnostika walaupun masih banyak meminta perhatian para psikolog untuk mengembangkan  psikodiagnosa secara komprehensif.
Psikodiagnostika dalam arti sempit

           Psikodiagnostik dalam arti sempit adalah merupakan metode yang digunakan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan tujuan dapat memberikan pertolongan atau pengobatan lebih tepat.
Psikodignostik dalam arti luas
Kebutuhan untuk membuat diagnosis secara psikologis  tidak hanya terdapat pada lapangan klinis saja. Tetapi juga di lapangan kerja, di perusahaan, dan  studi, dan lapangan lain yang  mempunyai peranan  dengan  perilaku yang  kebutuhan untuk membuat diagnosis secara psikologis,  maka perkembangan psikodiagnostik juga menjadi lebih luas dan hampir seluruh lapangan kegiatan manusia.
           Psikodiagnostik dalam arti luas merupakan kebutuhan dalam membuat diagnosis secara psikologis pada lapangan kerja, perusahaan, klinis, studi yang dihadapi berhubungan dengan seluruh kehidupan di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar