Selasa, 10 November 2015

APLIKASI PSIKOLOGI SOSIAL DALAM BIDANG KESEHATAN


Menurut Matarazzo (1980), Psikologi menjadi terlibat secara mendalam dalam mempromosikan kesehatan yang baik, pencegahan dan pemberantasan penyakit dan meningkatkan sistem perawatan kesehatan. Salah satu contoh dari psikologi sosial dalam kesehatan adalah mengaplikasikan prinsip persuasi untuk mempengaruhi orang lain untuk berhenti merokok dan memulai program latihan, mempelajari untuk berhenti merokok dan memulai program latihan, mempelajari bagaimana dokter dan pasien berkomunikasi, dan meneliti bagaimana hubungan interpersonal dapat mempengaruhi kesehatan atau kesembuhan dari penyakit. penelitian yang menyelidiki faktor-faktor penyebab penyakit, seperti stress. Pertama, dua faktor psikologi sosial yang berhubungan dengan penyebab penyakit dan kesembuhan dari penyakit, yaitu gender dan relasi atau hubungan antara stress dan support atau dukungan. Penyakit sebagai sebuah peran sosial, penting untuk dikontrol dan akibatnya bagi teknologi kedokteran.
Indikator sosial kesejahteraan:
  • Angka harapan hidup
    wanita cenderung mempunyai ekspektansi hidup yang lebih panjang daripada laki-laki, namun mengalami sakit yang lebih banyak dalam kehidupannya.
  • Pria paling tidak mempunyai kemungkinan dua kali lipat meninggal akibat kanker paru-paru, sirosis liver, serangan jantung, kekerasan, bunuh diri, atau kecelakaan dibanding wanita. Data lain menunjukkan bahwa laki-laki cenderung lebih sering untuk melakukan perbuatan yang beresiko tinggi seperti merokok, minum minuman keras dan lain-lain.
  • Tingkat kematian bayi
  • Tingkat kesakitan
  • Transisi epidemiologi..> penyakit di negara berkembang &negara maju berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar