Rabu, 02 Desember 2015

PERKEMBANGAN KONSEP DIRI PADA AKHIR MASA KANAK-KANAK

        Pola kepribadian yang pada dasarnya telah diletakkan pada saat bayi mulai terbentuk dalam awal masa kanak-kanak karena orang tua, saudara-saudara kandung dan keluarga lainnya yang merupakan dunia sosial bagi anak-anak. Oleh sebab itu, kondisi perasasaan keluarga terhadap anak-anak dan cara perlakuan yang diberikan kepada anak menjadi faktor penting dalam pembentukan konsep diri, yang merupakan inti dari kepribadian seseorang (Hurlock, 1994). 
        Sejalan dengan berakhirnya periode masa kanak-kanak, anak semakin banyak berhungan dengan lingkungan sosialnya baik dengan teman disekitar rumah maupun yang berasal dari lingkungan sekolah. Dengan semakin luasnya hubungan sosial maka faktor-faktor baru yang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadiannya mulai dihadapi oleh seorang anak. Hal tersebut mengakibatkan anak akan terus beradaptasi dengan perubahan yang dialaminya dengan seringkali memperbaiki konsep dirinya, karena sebelumnya anak hampir selalu menyesuaikan konsep dirinya seperti orang tuannya. Dampak lainnya yang terjadi pada anak adalah anak akan menyesuaikan konsep dirinya seperti yang dimiliki oleh gurunya dan teman-teman sekelasnya.

       Konsep diri dapat dipelajari melalui kontak sosial dan pengalaman berhubungan dengan orang lain. Pandangan seseorang tentang dirinya sendiri dipengaruhi juga oleh bagaimana seseorang mempersepsikan pandangan orang lain terhadap dirinya. Keluarga sebagai lingkungan sosial yang utama mempunyai peranan penting dalam membantu pembentukan konsep diri anak. Keluarga dapat memberikan rasa mampu atau tidak, perasaan diterima atau ditolak, kesempatan untuk identifikasi penghargaan yang pantas tentang tujuan , perilaku dan nilai. Penerimaan keluarga akan kemampuan anak sesuai dengan perkembangannya akan sangat mendorong aktualisasi diri dan kesadaran akan potensi dirinya serta keluarga yang saling menghargai dan mempunyai pandangan yang positif akan mendorong kreatifitas anak, dan akan menghasilkan perasaan yang positif dan berani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar