Rabu, 02 Desember 2015

KLASIFIKASI DUKUNGAN SOSIAL

Klasifikasi Dukungan Sosial menurut Cohen & Syme (1985) ada 4 kategori yaitu :

  1. Dukungan informasi, yaitu suatu bentuk dukungan dengan memberikan penjelasan, informasi tentang situasi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah yang sedang dihadapi individu. Dukungan ini dapat berupa nasehat, petunjuk, masukan atau penjelasan bagaimana seseorang bersikap.
  2. Dukungan emosional, yaitu dukungan yang melibatkan empati dari individu seperti mendengarkan, bersikap terbuka, menunjukkan sikap dapat dipercaya, mau memahami, ekspresi kasih sayang dan perhatian. Dukungan emosional dapat membuat seseorang merasa berharga, nyaman, aman, dan disayangi.
  3. Dukungan instrumental adalah dukungan yang diberikan secara langsung, bersifat fasilitas atau materi misalnya menyediakan fasilitas yang diperlukan, meminjamkan uang, memberikan makanan, permainan atau bantuan yang lain.
  4. Dukungan appraisal atau penilaian, dukungan ini bisa terbentuk penilaian yang positif, penguatan (pembenaran) untuk melakukan sesuatu, umpan balik atau menunjukkan perbandingan sosial yang membuka wawasan seseorang yang sedang dalam keadaan stres.

Menurut Wangmuba (2009) dukungan sosial mencakup dukungan informasi berupa saran nasehat, dukungan perhatian atau emosi berupa kehangatan, kepedulian dan empati, dukungan instrumental berupa bantuan meteri atau finansial dan penilaian berupa penghargaan positif terhadap gagasan atau perasaan orang lain.

Menurut Sarafino dukungan sosial terdiri dari empat jenis yaitu : 
Dukungan emosional.
Dukungan ini melibatkan ekspresi rasa empati dan perhatian terhadap individu, sehingga individu tersebut merasa nyaman, dicintai dan diperhatikan. Dukungan ini meliputi perilaku seperti memberikan perhatian dan afeksi seta bersedia mendengarkan keluh kesah orang lain. 

Dukungan penghargaan.
Dukungan ini melibatkan ekspresi yang berupa pernyataan setuju dan penilaian positif terhadap ide-ide, perasaan dan performa orang lain. 

Dukungan instrumental.
Bentuk dukungan ini melibatkan bantuan langsung, misalnya yang berupa bantuan finansial atau bantuan dalam mengerjakan tugas-tugas tertentu.

Dukungan informasi.
Dukungan yang bersifat informasi ini dapat berupa saran, pengarahan dan umpan balik tentang bagaimana cara memecahkan persoalan (Oktavia, 2002).
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk dukungan sosial dapat berbentuk dukungan informatif, dukungan emosional, dukungan instrumental, dan dukungan yang berkaitan dengan pemberian nilai positif. Pemberian dukungan sosial ini pada dasarnya adalah untuk membantu seseorang agar dapat merasa diterima, nyaman, diperhatikan, dicintai sehingga dapat membantu dalam mengatasi masalahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar