Senin, 30 November 2015

RISET PASAR -4

FORMULASI TUJUAN RISET
Di dalam ilmu manajemen dikenal perkataan perencanaan, yang artinya menetapkan tujuan yang harus dicapai dan bagaimana usaha-usaha yang harus dilakukan agar tujuan tersebut bisa dicapai. Demikian pula pada proses riset, tujuan riset harus jelas agar bisa dibuat suatu proses untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

ANALISIS PERSOALAN 
Perusahaan melakukan riset tentunya berharap, bahwa hasil risetnya akan digunakan untuk kepentingan perusahaan. Riset demikian disebut riset terapan (applied research) 
Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan menajemen adalah menganalisis gejala-gejala yang ada. Dalam analisis ini manajemen harus berusaha agar dapat mendapatkan persoalan-persoalan pokok yang harus dipecahkannya nanti. Tidak jarang, pemimpin proyek riset bisa banyak membantu manajemen di dalam menentukan apa yang sebenarnya menjadi persoalan pokok. Karenanya, sering dianggap sebagai syarat mutlak, bahwa pemimpin proyek diberi kesempatan untuk mengadakan diskusi yang mendalam dengan manajemen tentang persoalan-persoalan yang dihadapi, dan informasi-informasi apakah yang diperlukan oleh pihak manajemen agar persoalan-persoalan pokok tadi bisa dipecahkan. 

MENENTUKAN SUMBER INFORMASI 
Dari sekian banyak informasi yang dibutuhkan tentunya tidak seluruhnya harus dicari di lapangan. Pencarian informasi ke lapangan secara khusus memakan usaha dan biaya yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar