Jumat, 04 Desember 2015

METODE EKSPERIMEN


Pada asasnya, metode eksperimen merupakan serangkaian percobaan yang dilakukan oleh ekeperimenter (peneliti yang bereksperimen) di dalam sebuah laboratorium atau ruangan tertentu lainnya. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian psikologi pendidikan dengan tujun untuk menguji keabsahan dan kecermatan simpulan-simpulan yang ditarik dari hasil temuan penelitian dengan metode lain.
Metode eksperimen bagi para psikolog, termasuk psikolog pendidikan dianggap sebagai metode pilihan dalam arti lebih utama untuk digunakan dalam riset-riset. Alasannya, karena data dan informasi yang dihimpun melalui metode ini lebih bersifat definitif (pasti) dan lebih sainstifik (ilmiah) jika dibandingkan dengan data informasi yang dihimpun melalui penggunaan metode-metode yang lain.

Anggapan itu tidak semuanya benar, karena sering terjadi perilaku subyek yang terekam dalam eksperimen ternyata berawanan dengan perilaku subyek tersebut dalam kehidupan sehari-harinya. Jadi, subyek mungkin berpura-pura ketika diteliti karena ingin membantu atau mengacaukan rancangan operasional penelitian ekspeimenter. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan atau tidak sesuai dengan harapan peneliti, rancangan penelitian dibuat sedemikian rupa, sehingga seluruh unsur penelitian termasuk penggunaan laboratorium/tempat dan subyek yang akan diteliti betul-betul memenuhi syarat penelitian eksperimental.
Dalam penelitian eksperimental obyek yang akan diteliti dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok percobaan (experimental group) dan kelompok pembanding (control group). Kelompok percobaan terdiri atas sejumlah orang tingkah lakunya diteliti dengan perlakuan khusus dalam arti sesuai dengan data yang akan diambil. Kelompok pembanding juga terdiri atas obyek yang jumlah karakteristiknya sama dengan kelompok percobaan, tetapi yang tingkah lakunya tidak diteliti dalam arti tidak diberi perlakuan (treatment) seperti yang diberikan kepada kelompok percobaan. Setelah eksperimen selesai, data dari kelompok percobaan tadi dibandingkan dengan dari kelompok pembanding kemudian di analisa, ditafsirkan, dan disimpulkan dengan teknik statistik tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar